Batik: Warisan Budaya Indonesia Yang Diakui Dunia

Batik, kain bercorak gambar dengan beragam warna merupakan warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh dunia. Sekitar tujuh tahun lalu, tepatnya pada 2 Oktober 2009, Badan PBB untuk bidang kebudayaan, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) telah menetapkan secara resmi Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) Indonesia.

Alasan UNESCO mengakui Batik dikarenakan UNESCO menilai jika Batik Indonesia memiliki banyak simbol yang berkaitan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam, dan sejarah itu sendiri. Batik adalah identitas bangsa Indonesia dan Batik dipercaya telah menjadi bagian penting setiap orang di Indonesia sejak lahir hingga meninggal.

Penetapan Hari Batik Nasional Oleh Presiden Keenam RI

260819_620

Atas pengakuan dunia melalui UNESCO itu, maka Pemerintah Indonesia saat itu menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009. Presiden RI saat itu, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadikan penetapan Hari Batik Nasional ini sebagai wujud rasa syukur dan mendorong untuk terus mengembangkan Batik nasional.

Bahkan sebagai bentuk pengembangan Batik, pada acara Internasional, seperti East Asia Summit Indonesia tahun 2011 di Nusa Dua dan acara Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pada 2013, Bapak SBY mengajak para pemimpin dunia untuk mengenakan Batik pada acara itu. Hampir seluruh pemimpin negara yang hadir mengenakan Batik khas Indonesia, diantaranya Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Tiongkok Xi Jinping dan pemimpin-pemimpin lainnya.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita sebagai warganegara Indonesia bangga dengan warisan budaya Batik yang telah diakui dunia. Dengan mengenakannya tidak hanya pada acara-acara formal atau tertentu saja, tetapi pula pada keseharian. Serta yang paling utama adalah menggunakan Batik produksi anak bangsa demi kesejahteraan bersama. (*BF)

Sumber:

https://www.selasar.com/gaya-hidup/mengenal-sejarah-hari-batik-nasional

http://www.bintang.com/lifestyle/read/2330884/hari-batik-nasional-6-tokoh-dunia-ini-ikut-banguga-mengenakannya

http://news.liputan6.com/read/2330816/hari-batik-nasional-saat-warisan-indonesia-diakui-dunia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s