SBY: Kita Punya PR Mengembalikan Pers Sebagai Pilar Demokrasi

Hari ini (29/3) bertempat di Surabaya, Jawa Timur, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dianugerahi penghargaan istimewa oleh PWI Jawa Timur.

Dalam penggalan pidatonya di acara Peringatan Hari Pers Nasional itu, Bapak SBY sempat mempertanyakan tiga hal besar soal kondisi dunia pers saat ini.

Screenshot_2017-03-29-15-26-00-1.png

“Pertama, ada tidak televisi, radio, koran, majalah, media online dan sosial yang diorganisasi, yang sangat berpihak dan menjadi corong pihak tertentu?”, tanya Bapak SBY pada para audiens untuk direnungkan.

“Kedua, ada tidak pengaruh pemilik modal, terhadap pemberitaan medianya, yang sangat publik merasakan sebagai sangat berpihak, bias, dan berat sebelah?”, lanjut Bapak SBY.

Dan terakhir pertanyaan besar Bapak SBY, “ketiga, ada tidak pengaruh kekuasaan yang juga membikin sebuah media jauh dari independensi, dan sebaliknya sangat berpihak  dan menjadi corong mereka yang mempunyai kekuasaan?”.

Menurut Bapak SBY, jika dari ketiga pertanyaan besar soal kondisi dunia pers itu benar adanya, maka bangsa Indonesia mempunya pekerjaan rumah yang besar untuk mengembalikan marwah dunia pers.

“Kalau jawabannya, ‘ya memang ada’, kita punya pekerjaan rumah yang sangat besar untuk mengembalikan marwah dunia pers dan media kita sebagai pilar demokrasi dan agen pembangunan bangsa”, demikian pesan Bapak SBY. (*BF)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s